SOAL UTS 2014
I. Jawab
Singkat dan Jelas !
1. Apa yang dimaksud dengan
register, memory, interrupt dan sebutkan general purpose register!
2. Gambarkan arsitektur
computer dan jelaskan tiap-tiap bagianya!
3. Apa yang dimaksud OpCode,
bahasa Assembly dan bahasa Mesin, beri alasan kenapa kita mempelajari bahasa
Assembly?
4. Konversikan bilangan
berikut ke binary:
a. 125 b. 47h c. 33o d.
0AAAh e. 68
5. Buatlah sebuah program untuk menampilkan : P Q
R S T U V
II.Uraikan
dengan Jelas !
Jelaskan script program dan
hasil Output dibawah berikut:
.Model
small
.Code
Org
100h
Text:
JMP Mulai
Tulis
db ‘STMIK CIKARANG TEKNIK INFORMATIKA’
Mulai:
XOR
BX,BX
MOV
CX,33
Ulang:
MOV
DL,TULIS [BX]
MOV
AH,02
INT
21h
INC
BX
LOOP
Ulang
INT
20h
END
Text
JAWABAN
I. 1) -Register adalah memori berukuran sangat
kecil dengan kecepatan akses sangat tinggi.
-Memory adalah perangkat elektronik berfungsi
untuk menyimpan data dan program.
-Interrupt adalah suatu permintaan khusus pada microprocessor untuk melakukan sesuatu,
jika terjadi interupsi maka computer akan menghentikan dahulu apa yang sedang
dikerjakan dan melakukan apa yang diminta oleh yang menginterupsi.
- General
Purpose Register, terdiri
dari:
· AX (AH + AL) = Accumulator Register
· BX (BH + BL) = Base Register
· CX (CH + CL) = Counter Register
· DX (DH + DL) = Data Register
2) Gambar Arsitektur Computer & Penjelasanya
:
Ada 2 Pokok Arsitektur Computer, yaitu:
Instructure Set Architecture => Spesifikasi yang
menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
Hardware System Architacture => Meliputi subsistem
hardware dasar yaitu CPU, Memordan I/O system.
3) => OpCode : Kode yang akan melakukan aksi
terhadap operand dimana sebuah opcode bisa membutuhkan 1,2 atau lebih operand,
kadang juga tidak perlu operand.
=> Bahasa Assembly : Bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan
dalam
=>
Bahasa Mesin :
Merupakan seperangkat instruksi serta data yang dapat dieksekusi
secara
langsung oleh prosesor komputer.
=> Alasan Mempelajari Bahasa
Assembly :
Karena bahasa assembly merupakan
representasi atas bahasa mesin yang dirancang agar lebih mudah dipahami oleh
manusia. Dengan menggunakan bahasa assembly, seorang programmer dapat lebih
mudah mengingat instruksi-instruksi dengan menggunakan simbol yang lebih
dimengerti dibandingkan bila menggunakan simbol mnemonic kode mesin
secara langsung.
4) Mengkonversi :
a. 125 = 1111101
b. 47h = 1000111
c. 33o = 11011
d. 0AAAh = 101010101010
e. 68 = 1000100
5) Program Untuk Menampilkan : P Q R S T U V
.model small
.code
org
100h
proses:
mov
ah, 02h
mov
dl, 'P'
mov
cx, 07h
ulang:
int
21h
inc
dl
LOOP ulang
int
20h
end proses
II. Penjelasan Script Program
.Model small ; Memberitahu
Assembler bentuk memory yang digunakan oleh program.
.Code ; Memberitahu Assembler bahwa kita akan memakai Code Segment-nya.
Org 100h ; Menyediakan
100h Byte kosong pada saat program dijalankan.
Text: JMP Mulai ; Melompat
menuju mulai.
Tulis db ‘STMIK
CIKARANG TEKNIK INFORMATIKA’ ; Tulis 33 Karakter.
Mulai: ; Proses mulai.
XOR BX,BX ; BX = 0 Untuk penunjuk Offset.
MOV CX,33 ; Counter LOOP.
Ulang: ; Proses ulang.
MOV DL,TULIS [BX] ; Ambil karakter yang ke BX.
MOV AH,02 ; Service untuk cetak karakter.
INT 21h ; Cetak karakter.
INC BX ; BX = BX+1
LOOP Ulang ; Lompat ke Ulang sampai CX = 0
INT 20h ; Selesai, kembali ke DOS.
END Text ; Penutup program.
Hasil Outputnya : STMIK
CIKARANG TEKNIK INFORMATIKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar