SOAL UTS 2014 
I. Jawab
Singkat dan Jelas !
1.   Apa yang dimaksud dengan
register, memory, interrupt dan sebutkan general purpose register!
2.   Gambarkan arsitektur
computer dan jelaskan tiap-tiap bagianya!
3.   Apa yang dimaksud OpCode,
bahasa Assembly dan bahasa Mesin, beri alasan kenapa kita mempelajari bahasa
Assembly?
4.   Konversikan bilangan
berikut ke binary:
a. 125             b. 47h              c. 33o              d.
0AAAh                   e. 68
5.  Buatlah sebuah program untuk menampilkan : P Q
R S T U V
II.Uraikan
dengan Jelas !
Jelaskan script program dan
hasil Output dibawah berikut:
.Model
small
.Code
Org
100h
Text:
JMP Mulai
Tulis
db ‘STMIK CIKARANG TEKNIK INFORMATIKA’
Mulai:
XOR
BX,BX
MOV
CX,33
Ulang:
MOV
DL,TULIS [BX]
MOV
AH,02
INT
21h
INC
BX
LOOP
Ulang
INT
20h
END
Text
JAWABAN
I.     1) -Register adalah memori berukuran sangat
kecil dengan kecepatan akses sangat tinggi.
            -Memory adalah perangkat elektronik berfungsi
untuk menyimpan data dan program.
-Interrupt adalah suatu permintaan khusus pada microprocessor untuk melakukan sesuatu,
jika terjadi interupsi maka computer akan menghentikan dahulu apa yang sedang
dikerjakan dan melakukan apa yang diminta oleh yang menginterupsi.
- General
Purpose Register, terdiri
dari:
·      AX (AH + AL)  = Accumulator Register
·      BX (BH + BL)   = Base Register
·      CX (CH + CL)   = Counter Register
·      DX (DH + DL)  = Data Register
2) Gambar Arsitektur Computer & Penjelasanya
:
Ada 2 Pokok Arsitektur Computer, yaitu:
Instructure Set Architecture => Spesifikasi yang
menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
Hardware System Architacture => Meliputi subsistem
hardware dasar yaitu CPU, Memordan I/O system.
3) => OpCode : Kode yang akan melakukan aksi
terhadap operand dimana sebuah opcode bisa membutuhkan 1,2 atau lebih operand,
kadang juga tidak perlu operand.
=> Bahasa Assembly  : Bahasa pemrograman tingkat rendah yang digunakan
dalam
=>
Bahasa Mesin         :
Merupakan seperangkat instruksi serta data yang dapat dieksekusi
secara
langsung oleh prosesor komputer.
=> Alasan Mempelajari Bahasa
Assembly :
Karena bahasa assembly merupakan
representasi atas bahasa mesin yang dirancang agar lebih mudah dipahami oleh
manusia. Dengan menggunakan bahasa assembly, seorang programmer dapat lebih
mudah mengingat instruksi-instruksi dengan menggunakan simbol yang lebih
dimengerti dibandingkan bila menggunakan simbol mnemonic kode mesin
secara langsung.
4) Mengkonversi :
                              a.  125             =          1111101
               b.  47h             =         1000111
               c.  33o             =          11011
               d.  0AAAh      =          101010101010
               e.  68               =         1000100
5) Program Untuk Menampilkan : P Q R S T U V
                           .model small
                           .code
                           org
100h
                           proses:
                       mov
ah, 02h
                       mov
dl, 'P'
                       mov
cx, 07h
                           ulang:
                       int
21h
                       inc
dl
                       LOOP  ulang
                           int
20h
                      end proses
II. Penjelasan Script Program
                    .Model small                     ; Memberitahu
Assembler bentuk memory yang digunakan oleh program.
                          .Code                                 ; Memberitahu Assembler bahwa kita akan memakai Code Segment-nya.
                          Org 100h                           ; Menyediakan
100h Byte kosong pada saat program dijalankan.
                          Text: JMP Mulai                                                                                                ; Melompat
menuju mulai.
                          Tulis db ‘STMIK
CIKARANG TEKNIK INFORMATIKA’                                 ; Tulis 33 Karakter.
                          Mulai:                                                                                                                ; Proses mulai.
                          XOR BX,BX                                                                                      ; BX = 0 Untuk penunjuk Offset.
                          MOV CX,33                                                                                      ; Counter LOOP.
                          Ulang:                                                                                                ; Proses ulang.
                          MOV DL,TULIS [BX]                                                                       ; Ambil karakter yang ke BX.
                          MOV AH,02                                                                                      ; Service untuk cetak karakter.
                          INT 21h                                                                                            ; Cetak karakter.
                          INC BX                                                                                              ; BX = BX+1
                          LOOP Ulang                                                                                      ; Lompat ke Ulang sampai CX = 0
                          INT 20h                                                                                             ; Selesai, kembali ke DOS.
                          END Text                                                                                          ; Penutup program.
Hasil Outputnya : STMIK
CIKARANG TEKNIK INFORMATIKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar